EDUCASTING APPS | JADILAH EDUKATOR SEKARANG JUGA!

EDUCASTING

“Membawa Konten Pendidikan Dalam Genggaman, Bersiap untuk Menjadi EDUKATOR Kapanpun dan Dimanapun Anda Berada!”


Rafi Zulkanzi Yusriandy | 6701161148 | UI/UX Design

Chafry Dion Sentauri | 6701160136 | UI/UX Design

Genta Mahdyan | 6701164092 | UI/UX Design

D3 SISTEM INFORMASI

TELKOM UNIVERSITY

BANDUNG, JAWA BARAT

INDONESIA

Profil Pengembang

Pengembang merupakan mahasiswa D3 Manajemen Informatika (sekarang D3 Sistem Informasi) di Universitas Telkom. Pengembang menyepakati untuk bekerja sama pada bulan September 2018 untuk melakukan riset dan penemuan terkait masalah teraktual saat ini dalam penggunaan aplikasi. Topik yang diambil saat itu adalah tentang aplikasi video.

Selama kurang lebih dua minggu, tim melakukan riset dengan survei dan wawancara kepada beberapa target pengguna yang akan diambil. Sehingga, menghasilkan kesimpulan jika penggabungan aplikasi layanan video broadcast and streaming dengan konten edukasi perkuliahan adalah hal yang sangat dinantikan. Dari sanalah ide awal tentang aplikasi ini muncul.

Tim tersebut terdiri dari :

  1. Rafi Zulkanzi Yusriandy – CEO – [email protected]
  2. Genta Mahdyan – CMO
  3. Chafry Dion Senturi – CIO

Dan berikut ini adalah tabel jabatan dan posisi dalam tim pengembangan EduCasting:

Table 1 Job and Position

Rafi Z Y

Chief Executive Officer

6701161148

[email protected]

Genta M

Chief Marketing Officer

6701164092

Chafry D S

Chief Information Officer

6701160136

Sekilas Educasting

Educasting adalah aplikasi layanan video yang dapat menyiarkan dan memutar secara daring konten-konten video yang diunggah oleh para kreatornya, disini kita sebut caster. Aplikasi bersifta gratis dan menghitung tingkat popularitas anda untuk dapat direkomendasikan oleh system ke beberapa subjek pengguna tertentu yang melakukan pencarian konten-konten video tertentu. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah para pengguna untuk dapat menemukan konten video terbaik yang dibutuhkannya.

Figure 1 Logo Educasting

Educasting sendiri merupakan akronim dari Edukasi dan Kasting (en: casting) yang berarti aplikasi yang berfokus pada konten edukasi yang memiliki kemampuan dan layanan untuk menyiarkan dan membagikan konten tersebut ke pengguna lain, juga akan segera mendapatkan umpan-balik, ulasan, atau penilaian dari pengguna yang menonton videonya.

Warna ungu diambil sebagai alternative warna biru dengan frekuensi spektrum yang berdekatan. Kenapa menjadi alternatif warna biru? Karena warna biru saat ini dalam dunia system informasi telah dikesankan menjadi warna yang formal dan kecenderungan pada bidang-bidang Pendidikan atau pemerintahan. Persepsi itulah yang menjadikan kami memilih warna ungu, agar pengguna sedikit mudah memahami maksud antarmuka dari desain aplikasi kami serta mendapatkan penyegaran tentang warna yang digunakan dalam aplikasi.

Educasting sendiri akan diusulkan menjadi program startup untuk membantu mewujudkan pembangunan bidang Pendidikan di Indonesia yang optimal.

Tujuan

Adapun tujuan dari pembangunan aplikasi ini adalah:

  1. Membangun konten positif di dunia jejaring sosial daring melalui aplikasi berbasis layanan video
  2. Memberikan layanan untuk pendidik atau tutor melalui aplikasi yang mudah digunakan
  3. Meningkatkan semangat belajar dan literasi pada generasi milenials di Indonesia

Rincian Aplikasi

Berikut adalah rincian aplikasi dan proses pembangunannya:

1.     LATAR BELAKANG

Aplikasi ini muncul sebagai ide untuk mengimbangi popularitas YouTube yang kini sangat digandrungi oleh para generasi milenials. YouTube merupakan aplikasi layanan video yang memiliki fitur unggah video, siaran langsung video, dan putar daring. Namun, dalam perkembangannya, konten video di YouTube sangat sulit untuk dikendalikan. Terlebih, semakin banyak orang yang tetarik dengan YouTube yang mengakibatkan konten-konten yang ada semakin bervariasi namun tidak diimbangi dengan pengelolaan kualitas yang baik. Contoh kasus yang terjadi adalah kasus trending acara TV yang di unggah ulang ke YouTube yang terbukti merupakan scenario buatan, trending video dengan konten ujaran kebencian dan pembodohan, serta banyak lagi kasus yang meresahkan.

Isu-isu ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Terlebih Indonesia juga telah membangun apikasi mirip dengan YouTube yaitu Vidio.com dnegan konten yang masih terjaga. Namun diyakini, lambat laun konten yang ada akan serupa dengan YouTube mengingat kebebasannya untuk mengakses dan peningkatan popularitasnya.

Untuk itu, Indonesia bahkan dunia memerlukan aplikasi tandingan yang menawarkan rasa yang mirip namun dengan fitur yang lebih bermanfaat dan menjanjikan. Dari sanalah, Educasting muncul, bangkit, dan akan memberikan nuansa baru dalam dunia penyiaran daring di Dunia.

2.      FITUR-FITUR

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh EduCasting Apps:

A.      Fitur Login dan Register

Figure 2 Tampilan Splash, Login, dan Register

B.      Fitur Popularity

Figure 3 Popularity

Fitur popularitas (popularity) adalah fitur yang mengizinkan pengguna untuk dapat melihat perkembangan video unggahannya dalam trafik dan rating dari jumlah lihat dan suka pada video tersebut yang ditampilkan dalam model grafik. Juga memfasilitasi untuk dapat melihat peringkat channel dibandingkan dengan channel yang lain.

C.      Fitur Play, Upload dan Streaming Video

  

Figure 4 Upload dan Streaming Video

D.     Fitur Pindah Akun

Figure 5 Pindah Akun

E.      Fitur Publish dan Draft Video

Figure 6 Publish dan Draft Video

F.       Fitur Browse Video, My List, dan Recommendation

Figure 7 Browse Video

G.     Fitur Watch Trending and Subscriptions

Figure 8 Watch Trending

H..     Fitur Quick Learn

Figure 9 Quick Learn

Fitur ini aktif untuk pengguna baru aplikasi yang ditandai dengan penggunaan menu registrasi.

2.     PEMBANGUNAN PROTOTIPE

Kami membangun prototipe menggunakan aplikasi gratis dari Adobe Inc. yaitu Adobe XD CC 2019 yang kini lisensinya telah dibebas biayakan oleh Adobe.

Figure 9 Pembangunan Prototipe melalui Adobe XD

Penutup

Aplikasi ini memiliki cita-cita yang luar biasa besar untuk pebangunan Pendidikan di Indonesia maupun di Dunia. Semoga dengan adanya usulan aplikasi ini, proses pengembangannya dapat didukung dan juga direalisasikan. Pengembangan lebih lanjut, akan tetap pada koridor dari tujuan awal yaitu membangun konten positif pada masyarakat dunia maya. Dalam peluncurannya kepada masyarakat dapat diiringi dengan sosialisasi dan edukasi untuk mempermudah penggunaan dan familiarity oleh pengguna. Sehingga impian untuk memberikan konten positif dan kebermanfaatan dalam dunia jejaring social video dapat terwujud salah satunya melalui aplikasi Educasting ini.

Beri dukungan Anda untuk aplikasi pencerdas bangsa!

Terima kasih.


 

Proyek ini telah diketahui dan disetujui oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna,

Bapak Muhammad Barja Sanjaya, S.T., M.T., OCA.

KODE DOSEN : MBS

mbarjasanjaya.staff.telkomuniversity.ac.id

rafizy

A Man with a Vision

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *